Menanti Curug Parigi Bersolek
Oleh Husnul Khatimah, pada Aug 18, 2017 | 15:00 WIB
Menanti Curug Parigi Bersolek
Curug Parigi

BEKASI, AYOBEKASI.NET—Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bekasi terdapat sebuah objek wisata dengan pemandangan alam menakjubkan. Objek wisata itu bernama Curug Parigi.

Curug Parigi berada di Kelurahan Ciwikul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Sekilas air terjun Curug Parigi mirip dengan objek wisata Niagara yang ada di Amerika, namun ukurannya lebih kecil atau mini.

Curug Parigi kira-kira memiliki tinggi sekitar dua meter dengan lebar 100 meter. Jika dibandingkan dengan sungai-sungai yang ada di wilayah Jabodetabek, air yang mengalir di sungai tersebut masih tergolong jernih berwarna hijau.

Warga Bekasi mungkin sudah tidak asing lagi dengan air terjun tersebut.

Warga berharap agar Curug Parigi yang masih alami itu segera dipercantik oleh pemerintah setempat. "Ini curug bagus sekali, saya juga baru tahu, jarang-jarang ada yang seperti ini di Bekasi. Kalau bisa dikembangkan lagi agar semakin indah," kata salah seorang warga, Made Adi Yudisatria (32).

Keelokan dan keindahan alam Curug Parigi sebenarnya sudah dilirik oleh Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk dikembangkan menjadi wisata alam unggulan. Namun sampai saat ini upaya penataan itu masih dalam proses.

Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kota Bekasi Heni Hendrawati mengatakan salah satu alasan penyebab belum ditatanya Curug Parigi karena studi pengamatan terhadap objek wisata tersebut belum selesai.

Dengan studi pengamatan biaya penataan nantinya akan keluar.

"Studi pengamatan itu dibuat oleh konsultan, karena kami bukan ahlinya. Kalau konsultan kan ada tenaga ahlinya mulai dari pariwisata, ekonomi, sosial, dan lingkungan,” katanya.

Selain itu, akses menuju ke objek wisata harus diselesaikan terlebih dahulu. Beberapa ruas jalan di dekat Curug Parigi merupakan milik PT Pelni sehingga tanah tersebut harus dibebaskan agar akses jalan bisa diperbaiki.

"Masalah status tanah, itu tanahnya bukan tanah fasilitas umum dan fasilitas sosial, Kami cuman punya curugnya saja, tanahnya punya pabrik PT Pelni, mungkin ada sekitar empat hektare yang harus dibebaskan,” katanya.

Jika Curug Parigi nantinya telah tertata, pihaknya yakin akan banyak memberikan manfaat bagi warga Kota Bekasi.

"Banyak manfaat seperti ekonomi, bisa meningkatkan perekonomian penduduk setempat. Nanti di situ akan ada pusat kulinernya,” ujarnya.

Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600