Menengok Masjid Tertua di Tambun Bekasi
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 13, 2017 | 17:21 WIB
Menengok Masjid Tertua di Tambun Bekasi
Masjid At-Taqwa di Tambun Bekasi.(Husnul)

BEKASI, AYOBEKASI.NET—Berjarak sekitar seratus meter dari Pasar Tambun di Kecamatan Tambun Selatan terdapat sebuah masjid dengan bangunan berukuran besar yakni Masjid At-Taqwa.

Masjid At-Taqwa bukan hanya besar, tapi terlihat megah bak istana di Timur Tengah. Tiang-tiang besar yang berjejer di berbagai sisi membuat bangunan itu terlihat kokoh dan menunjukkan ciri khasnya tersendiri.

Bangunan yang  terdiri dari dua lantai ini memiliki perpaduan langgam Arabia dan langgam bangunan Eropa dalam balutan warna putih diseluruh eksterior bangunannya yang terlihat cukup mencolok.

Seperti bangunan masjid kebanyakan, Mesjid At-Taqwa dilengkapi menara kecil di bagian sisi atap dan satu bangunan menara menjulang tinggi.

Di balik kemegahan dan kekokohan, ternyata Masjid At-Taqwa merupakan masjid tertua di kawasan Tambun. Masjid ini berdiri pada 1918 atau berumur 99 tahun.

Marbut Masjid At-Taqwa, Syuhada mengatakan, walaupun telah berumur tua hingga saat ini masjid tersebut masih terawat dengan baik.

"Tapi walaupun sudah sering direnovasi, tidak secara keseluruhan merubah bentuk asli bangunan yang berdiri sejak 1918 ini," kata Syuhada, Rabu (13/9/2017).

Masjid At-Taqwa sudah ada sejak zaman Hindia Belanda dan pembangunannya tidak terlalu jauh dari Gedung Juang 45.

"Di antara peninggalan- peninggalan, masjid ini yang masih utuh,” ujarnya.

Kini, masjid masih terus aktif untuk menampung umat Islam yang akan melaksanakan ibadah. Selain itu, setiap pekannya, Masjid At-Taqwa menggelar pengajian rutin.

Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600