Baznas Kota Bekasi Salurkan Dana Zakat Rp1,6 Miliar
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 29, 2017 | 10:08 WIB
Baznas Kota Bekasi Salurkan Dana Zakat Rp1,6 Miliar
Penyaluran Zakat,

BEKASI, AYOBEKASI.NET--Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kota Bekasi menyalurkan dana zakat senilai Rp1,6 miliar untuk keperluan sosial, pendidikan dan berbagai keperluan lainnya.

Ketua Baznas Kota Bekasi H Paray Said mengatakan jumlah penyaluran dana zakat pada tahun 2017 ini meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp1,5 miliar. 

"Dana zakat ini berasal dari donatur zakat dan terutama atas kontribusi zakat profesi sebesar 2.5 persen oleh pegawai pemerintah Kota Bekasi di tahun 2017," kata Paray disela-sela acara penyerahan dana zakat yang digelar di Gedung Islamic Center, Kamis (28/9/2017) sore.

Paray menuturkan dana yang dihimpun oleh pihaknya itu akan digunakan untuk membiayai program beasiswa para santri madrasah diniyah, tsanawiyah dan aliyah sebesar Rp800 juta, program beasiswa 24 pelajar berprestasi menjadi sarjana sebesar Rp 199 juta, RA-TPQ dan Santri pondok pesantren sebesar Rp300 juta, guru ngaji sebesar Rp37,5 juta, dan untuk bedah rumah dhuafa yang akan bekerjasama dengan Kodim 0507 Kota Bekasi.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu yang turut hadir dalam acara yang dirangkaikan dengan tasyakuran atas penghargaan Baznaz Award yang diraih Wali Kota Bekasi sebagai walikota pendukung kebangkitan zakat mengatakan mengapresiasi langkah Baznas bagi kemaslahatan dan kesejahteraan umat di Kota Bekasi.

“Award Baznas yang diterima Wali Kota Bekasi menjadi semangat semua pihak. Pemerintah Kota Bekasi dan aparatur juga akan terus menunjukkan komitmennya atas zakat termasuk menyiapkan regulasinya,” ucap Syaikhu.

Dalam kesempatan itu pria yang akrab disapa Ustadz ini juga menyerahkan Instruksi Walikota Bekasi terkait zakat profesi bagi seluruh aparatur muslim di Kota Bekasi yang nantinya akan dikelola Baznas Kota Bekasi serta Bank Jabar Banten (BJB).

“Lewat instruksi ini, zakat profesi aparatur akan dikelola oleh Baznas dan BJB. Hal ini sejalan dengan adanya kenaikan tunjangan bagi aparatur. Jadi bagi yang standar pendapatannya Rp3 juta hingga lebih (akan) kena zakat profesi,” jelas Syaikhu

Ia menambahkan jika seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Bekasi menunaikan zakat profesi itu, maka akan bisa terhimpun dana zakat di Baznas sebesar Rp1 miliar hanya dalam waktu satu bulan.

"Oleh karena itu kalau hari ini kita mendistribusikan zakat Rp1,6 miliar, dalam waktu setahun harusnya kedepan bisa jadi tiap bulan ada pendistribusian zakat sebesar Rp500 juta sampai Rp1 miliar sehingga makin banyak masyarakat yang terbantu," kata Syaikhu.

 

Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600