Seperti Apa Kriteria Wali Kota yang Diinginkan Warga Bekasi?
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 30, 2017 | 14:47 WIB
Seperti Apa Kriteria Wali Kota yang Diinginkan Warga Bekasi?
Ilustrasi Pilkada Serentak 2018. (AyoMedia/Satrio Iman)

BEKASI, AYOBEKASI.NET -- Agamis, santun, dan merakyat merupakan kriteria teratas yang diinginkan oleh warga Kota Bekasi untuk dijadikan pemimpin anyarnya kelak pada periode 2018-2023 mendatang.

Tiga kriteria pemimpin yang diinginkan warga Kota Patriot itu didapat dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia atau KedaiKOPI baru-baru ini.

Berdasarkan hasil survei, didapat lima kriteria karakter yang diinginkan warga sebagai Wali Kota kelak. Lima kriteria itu adalah ‎kuat agamanya, santun, mengerti kebutuhan rakyat, dekat dengan rakyat, dan mau mendengar. Sementara sisanya cukup beragam. Seperti tak tersangkut korupsi, tidak kasar dan dekat dengan Presiden RI.

“Bagi warga Kota Bekasi, faktor agama (59,1%) memengaruhi dalam memilih Wali Kota dan 91,2 % warga mengaku mampu menentukan pilihan tanpa dipengaruhi orang lain,” ujar Direktur KedaiKOPI, Vivi Zabkie di Bekasi, Jumat (29/99/2017).

Selain itu, Vivi mengatakan, sebanyak 76,2% responden menyatakan akan ikut berpartisipasi dalam Pilkada Bekasi 2018 mendatang.

Vivi menilai jika pertarungan Bekasi 1 akan berjalan menarik nanti. “Bukan saja karena dekat dengan Jakarta, tapi juga karena hasilnya sangat mungkin memengaruhi hasil Pilgub Jabar 2018,” jelasnya.

Survei ini dilaksanakan melalui dua tahap, pengumpulan data dan wawancara tatap muka, juga tahap diskusi kelompok terfokus. Dilaksanakan pada 5-7 September 2017 dan diikuti 400 responden dari 40 kelurahan dengan margin of error sekitar 4,9%.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600