Bangun Kantor Imigrasi dan Lapas Anyar, Pemkot Bekasi dapat Penghargaan
Oleh Husnul Khatimah, pada Oct 30, 2017 | 17:55 WIB
Bangun Kantor Imigrasi dan Lapas Anyar, Pemkot Bekasi dapat Penghargaan
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly berfoto bersama jajaran Pemkot Bekasi. (Dok. Pemkot Bekasi)

BEKASI, AYOBEKASI.NET -- Pemerintah Kota Bekasi mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atas partisipasinya membangun kantor imigrasi kelas dua dan lembaga pemasyarakatan atau lapas kelas IIA di kota tersebut.

"Pertama tentunya mengucapkan terimakasih dan bersyukur bahwa pemerintah Bekasi mendapatkan penghargaan atau apresiasi dari Kemenkum HAM. Ini merupakan bentuk akselerasi pemerintah daerah dalam melaksanakan tugasnya memenuhi kebutuhan warga," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi melalui keterangan resminya, Senin (30/10/2017).

Rahmat menambahkan, dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai roda pemerintahan, Pemkot Bekasi pada tahun ini turut mengambil peran dalam perbaikan layanan dengan melakukan pembangunan Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bekasi.

Harusnya, menurut Rahmat, kebutuhan akan bangunan itu disediakan oleh lembaga vertikal masing-masing instansi. Namun karena dinilai kebutuhannya mendesak, maka pihaknya ikut membantu.

"Karena melihat kebutuhan mendesak dalam proses pelayanan dan peningkatan kenyamanan kepada warga masyarakat, maka disediakannya Kantor Imigrasi Kelas II dan Lapas Kelas IIA, karenannya Kemenkumham memberikan apresiasi penghargaan ini," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan kantor imigrasi yang baru dinilai mendesak karena  setiap hari jumlah pengunjung terpantau meningkat, bahkan mencapai dua kali lipat karena animo masyarakat yang tinggi untuk kepengurusan surat-surat .

Kemudian selama ini, kantor imigrasi juga masih menumpang di gedung milik Pemkot Bekasi di komplek Stadion Olah Raga Patriot Chandrabaga. Oleh karena itu, gedung layanan imigrasi itu direncanakan akan dipindahkan ke kawasan Telukpucung, Kecamatan Bekasi Utara.

Sama halnya dengan kantor imigrasi, Lapas kelas IIA Bekasi juga dinilai telah melebihi kapasitas yang ideal untuk menampung warga binaan. Untuk itu pada lapas ini akan dilakukan penambahan luas bangunan.

Terkait penghargaan yang diterima dari Kemenkumham, Rahmat berharap bisa menjadi motivasi bagi jajarannya dan seluruh Aparatur Sipil Negeri untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi jajaran dan aparatur Pemerintah Kota Bekasi untuk minimal keluar dari cara-cara berpikir yang linear, cara berpikir yang mengalir menjadi cara yang inovatif, cepat dan tanggap," tandas Rahmat.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600