Tahun 2018, Kabupaten Bekasi Bakal Punya Jalur Pedestrian
Oleh Husnul Khatimah, pada Nov 09, 2017 | 16:28 WIB
Tahun 2018, Kabupaten Bekasi Bakal Punya Jalur Pedestrian
Ilustrasi jalur pedestrian. (Pixabay/Public Domain Archive)

CIKARANG, AYOBEKASI.NET -- Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum Kabupaten Bekasi Andie Suhadie mengatakan jika pada tahun 2018 nanti warga Kabupaten Bekasi bakal memiliki jalur pedestrian.

Andie mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyusun program pembangunan jalur pedestrian tersebut. Berdasarkan rencana, jalur itu bakal dibangun di beberapa titik wilayah Kabupaten Bekasi.

"Ada tiga titik jalur pedestrian yang akan dibangun, diantaranya di jalan Hos Cokroaminoto, dekat terminal Kalijaya, Taman Pilar, dan yang terakhir di seputaran Stadion Wibawa Mukti," kata Andie, Kamis (8/11/2017).

Ia menambahkan, sejauh ini, belum ada jalur pedestrian khusus untuk pejalan kaki di Kabupaten Bekasi. Maka dari itu, pihaknya berencana untuk mengusulkan program pembangunan jalur pedestrian sebagai pusat pengembangan ruang terbuka hijau.

"Sebenernya banyak keinginan untuk mewujudkan jalur pedestrian yang disertai ruang terbuka hijau di Kabupaten Bekasi, namun untuk saat ini baru tiga saja yang akan diusulkan masuk dalam program pembangunan," ujarnya.

Menurut Andie, Kabupaten Bekasi punya potensi besar untuk ruang terbuka hijau. Hanya saja, lanjutnya, hingga kini masih terjadi kesalahan pemanfaatan lahan dengan menjamurnya bangunan liar. Bukannya memperbaiki, justru malam merusak estetika kota.

Sebagai contoh, di Cikarang Barat, yang dinilai Andie, punya pontesi untuk pengembangan ruang terbuka hijau. Hal itu tentu bisa dilakukan asal pemerintah pusat terlebih dahulu menertibkan kepemilikan tanahnya.

Untuk mewujudkan program tersebut, Andie sudah berkomunikasi dengan kepala Bappeda sekaligus melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan sejumlah instansi terkait pemanfaatan lahan-lahan bekas kali untuk penambahan ruang terbuka hijau di pinggir jalan tol Cikarang Barat (Pjt II).

"Jika Kabupaten Bekasi mau berbenah soal ruang terbuka hijau, maka harus ada tindakan yang berani untuk mengubah semua itu dan bupati merespon (baik) adanya usulan program pembangunan pedestrian dan penghijau berkelanjutan itu," tandas Andie.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600