Peringati HKN ke-53, Pemkab Bekasi Gelorakan Gerakan Masyarakat Sehat
Oleh Husnul Khatimah, pada Nov 13, 2017 | 09:48 WIB
Peringati HKN ke-53, Pemkab Bekasi Gelorakan Gerakan Masyarakat Sehat
Kampanye Gerakan Masyarakat Sehat yang digelar oleh Dinas Kesehatan Bekasi, Minggu (12/11). (AyoBekasi/Husnul Khatimah)

CIKARANG, AYOBEKASI.NET -- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional atau HKN ke-53, Pemerintah Kabupaten Bekasi gelorakan Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Rudi mengatakan, selain memperingati HKN, Germas juga bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

"Gerakan Masyarakat Sehat mencap tangannya di komitmen tiga pokok. Yang pertama melakukan aktivitas fisik rutin tiap hari, cek kesehatan secara rutin, makan sayuran dan buah," kata Rudi, Minggu (12/11/2017).

Rudi meyakini dengan melaksanakan pola gerakan masyarakat sehat, maka angka kematian yang di sebabkan oleh penyakit menular -- jantung, stroke, ginjal, diabetes, hipertensi -- bisa diturunkan.

"Kalau dirinya (masyarakat) sudah paham bisa mencegah sakit dengan pola hidup sehat maka tidak menutup kemungkinan angka sakit bisa diturunkan," imbuh Rudi.

Selain itu, kata Rudi, belakangan ini pihaknya melihat terjadi catatan pergeseran pola penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat. Yakni dari penyakit infeksi kepada penyakit generatif.

Rudi menilai perubahan pola penyakit tersebut diakibatkan oleh perilaku yang salah satu penyebab utamanya adalah berkurangnya aktivitas di luar ruangan. Oleh sebab itu, kata Rudi, Gerakan Masyarakat Sehat menjadi penting.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600