Menkumham: Angka Pertumbuhan Warga Binaan Lapas di Indonesia Meningkat Tajam
Oleh Husnul Khatimah, pada Nov 14, 2017 | 16:53 WIB
Menkumham: Angka Pertumbuhan Warga Binaan Lapas di Indonesia Meningkat Tajam
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly. (@LaolyYasonna)

BEKASI, AYOBEKASI.NET -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, mengatakan angka pertumbuhan jumlah warga binaan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas di Indonesia dalam waktu tiga tahun belakangan meningkat secara tajam.

"Pada waktu saya menjadi menteri (tahun 2014) Lapas rutan kita sekitar 150.000-an sekarang sudah 227.000 lebih, meningkat sekitar 70.000," kata Yasonna di Bekasi, Selasa (14/11/2017).

Ia menambahkan dari keseluruhan warga binaan itu didominasi oleh warga yang mempunyai kasus narkoba. Rata-rata dalam setiap lapas terdapat 50% warga binaan dengan kasus narkoba dan 60% sampai 70% untuk lapas di kota-kota besar.

Terkait dengan makin meningkatnya jumlah warga binaan di setiap lapas, Yasonna menyebut kebutuhan akan ruangan lapas juga menjadi meningkat namun demikian kemampuan Kemenkumham untuk membangun lapas-lapas baru masih terbatas.

"Tahun lalu kita dapat anggaran 3 Triliun, kita bangun untuk sekitar 30.000 kapasitas (warga binaan) dan itu masih jauh dari kebutuhan," kata Yasonna.

Oleh karena itu Yasonna juga mengharapkan peran dari pemerintah daerah untuk menghadirkan fasilitas lapas di daerahnya masing-masing. Terlebih kata Yasonna warga binaan lapas juga merupakan warga yang harus diberikan pelayanan yang terbaik.

Selain itu karena berkaca dari banyaknya warga binaan yang memiliki kasus narkoba, maka Yasonna menilai program-program terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba semakin perlu dilakukan.

"Masalah terbesar kita sekarang adalah masalah narkoba oleh karenanya rehabilitasi untuk pengguna narkoba perlu dilakukan. Program-program untuk penanganan ketergantungan narkoba dan program untuk mencegah warga kita untuk menggunakan narkoba juga sangat perlu dilakukan," pungkasnya.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600