Menjadi Seorang Barista Sang Pemberi Nyawa Kopi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Dec 28, 2017 | 19:18 WIB
Menjadi Seorang Barista Sang Pemberi Nyawa Kopi
Barista saat melayani seorang penggemar kopi di Kopi D'Mari, Bekasi. (AyoBekasi/Ananda Firdaus)

BEKASI, AYOBEKASI.NET – Tanpa seorang barista, mungkin kopi hanya tuangan kopi bubuk sachet-an yang rasanya begitu-begitu saja. Tanpa ada aroma yang menusuk hidung dan rasa lain yang menemani pahitnya kopi. Barista adalah pemberi nyawa dalam secangkir kopimu.

AyoBekasi berkesempatan bertemu dengan Lazuardi, seorang penyaji kopi di Kopi D’Mari yang berlokasi di Jalan Raya Jati Mulya no 16a, Pengasinan, Bekasi Timur. Sudah sejak 2015 Lazuardi bergelut dengan dunia kebaristaan. Waktu yang tidak sebentar.

Lazuardi bercerita soal apapun yang ada tentang profesi barista. Menjadi barista sebenarnya sama seperti penyeduh kopi-kopi lainnya. Hanya saja, seorang barista mampu bertindak lebih dari sekadar menyeduh. Begitu menurut Lazuardi.

Butuh kepekaan rasa dalam membuat secangkir kopi. Mulai dari mengenal karakter si biji kopi untuk diolah sedemikian rupa, sampai memastikan pengunjung bisa duduk manis lantaran kopi yang dibuat.

Seorang barista juga bakal dihadapkan dengan beragam varian kopi yang hadir dengan karakternya masing-masing. Begitu juga dengan cara mengolahnya, baik melalui tubruk atau cupping serta filter dengan menggunakan berbagai macam alat. Hasilnya, para penggemar kopi harus siap berlama-lama berdiam di kedai ketika secangkir kopi ada di depan matanya.

"Gimana caranya biar bisa ngeluarin karakter si kopi, karena rasa kopi dari tiap daerah beda-beda. Akhirnya tergantung dari si baristanya gimana cara ngeluarin karakter kopi tersebut," ujar Lazuardi ditemui tidak lama ini.

Bagi Lazuardi, semua orang bisa melakoni profesi barista. Buktinya, ia menjajal keahlian meracik kopinya dengan cara otodidak, diselingi bantuan kawan-kawannya, disamping keseriusan minat dan rajin-rajin minum kopi.

"Banyak ngopi aja. Seminimalnya dari penikmat kopi terus sharing-sharing ke baristanya, lama-lama juga kalau tertarik banget pasti pengin ngulik sendiri, pengin belajar," lanjutnya. 

Dan lagi, menjadi seorang barista ibarat pekerjaan yang dibubuhi keahlian seni, merawat asa dan intuisi dalam setiap lakon ketika menghidangkan setiap sajian kopi untuk para penikmat sejati. 

Disamping itu, Kopi D'Mari pun membuka peluang bagi peminat kopi lainnya untuk menjadi barista-barista selanjutnya lewat program kelompok barista Oldman Company. Kamu bisa belajar menjadi seorang barista, belajar coffee brewing, sampai pelatihan manajemen bila kamu tertarik membuka coffee shop. Kamu tertarik? Cek official Instagramnya di kopidmari.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax