Diwarnai Keberatan, Penetapan Nomor Urut Paslon Pilwalkot Bekasi Rampung
Oleh Ananda M Firdaus, pada Feb 13, 2018 | 15:03 WIB
Diwarnai Keberatan, Penetapan Nomor Urut Paslon Pilwalkot Bekasi Rampung
Paslon Rahmat Effendi - Tri Adhianto (kiri) dan Nur Supriyanto - Adhi Firdaus (kanan) saat penetapan nomor urut Pilwalkot Bekasi di Hotel Horison, Bekasi, Selasa (13/2). (ayobekasi/Ananda Firdaus)

BEKASI BARAT, AYOBEKASI.NET – Meski sempat memanas, Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi akhirnya menetapkan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi. Penetapan itu diwarnai oleh aksi keberatan atas mekanisme pengundian dari salah satu kubu paslon.

Kubu paslon Nur Supriyanto – Adhi Firdaus keberatan dengan media ketupat yang digunakan sebagai wadah nomor urut. Keberatan itu dirundingkan dan membuat rapat pleno ditunda selama 10 menit hingga kesepakatan untuk menggunakan media berbentuk selongsong biru tua didapat.

“Jadi mekanisme pengundian, khususnya media, diserahkan pada KPU. Kenapa kami pilih ketupat, karena ketupat sangat akrab dengan warga Kota Bekasi,” ujar Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi usai penundaan rapat dibuka di Hotel Horison Kota Bekasi, Selasa (13/2/2018).

Masing-masing paslon diwakili Rahmat Effendi dan Nur Supriyanto yang mengambil nomor urut dengan menggunakan dua media tersebut, yakni ketupat untuk membuang prasangka buruk sebelumnya dan selongsong yang menentukan nomor urut secara sah.

Akhirnya dari dua kali pengundian tersebut, secara berturut-turut Rahmat-Tri Adhianto mendapat nomor urut satu. Sementara Nur-Adhi Firdaus mendapat nomor urut dua.

Setelah itu, KPU langsung membacakan berita acara dan keputusan rapat yang dilanjutkan dengan penyerahan laporan kepada masing-masing paslon, deks Pilkada Kota Bekasi, dan Panwaslu Kota Bekasi.

"Dengan mengucapkan alhamdulillah, dengan ini rapat pleno resmi saya tutup," ucap Ucu menutup rapat.

Selanjutnya, pada Kamis (15/2/2018),  pihak KPU beserta kedua paslon akan melangsungkan deklrasi kampanye damai yang menandai dimulainya masa kampanye Pilkada 2018 Kota Bekasi. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600