Perayaan Cap Go Meh di Bekasi Digelar Sederhana
Oleh Ananda M Firdaus, pada Mar 02, 2018 | 10:03 WIB
Perayaan Cap Go Meh di Bekasi Digelar Sederhana
Kelenteng Hok La Kiong saat tahun baru Imlek. (ayobekasi/Ananda Firdaus)

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET -- Hari Raya Cap Go Meh yang jatuh 15 hari setelah Tahun Baru Imlek menjadi salah satu tradisi besar bagi etnis Tionghoa. Pada Hari Raya Cap Go Meh, Dewa Siang Goan Thian Koan akan turun ke bumi untuk mengampuni dosa dan menyelamatkan manusia dari berbagai kesulitan.

Menjelang Perayaan Cap Go Meh 2569 yang disebut juga sebagai pesta Goan Siauw ini,  Kelenteng Hok Lay Kiong yang terletak di Jalan Kenari 1, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, akan menggelar pawai pada Jumat (2/3/2018).

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma yang menjadi pengelola Kelenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan mengungkapkan, pawai Perayaaan Cap Go Meh Tahun Anjing Tanah yang jatuh pada 2018, bakal diselenggarakan pihaknya sesederhana mungkin.

"Inti dari pawai ini sebagai wujud syukur kami akan Tahun Baru Imlek. Perayaaan Cap Go Meh sendiri merupakan tradisi penutupan Tahun Baru Imlek yang biasanya kami akan berdoa pada malam harinya," ujar dia.

Menurutnya, tidak akan ada kemeriahan yang signifikan lantaran saat ini perekonomian masyarakat tengah menurun. Oleh karenanya, pawai tidak akan begitu meriah, alih-alih penuh makna.

"Tujuan pawai ini adalah lebih mempererat tali persaudaraan antarumat Tionghoa dan umat beragama lainnya. Jadi kita lebih menekankan momen kebersamaanya," jelasnya.

Selain itu, pada perayaan kali ini, di tengah momentum pilkada, pihaknya akan turut menjaga kondusifitas masyarakat Kota Bekasi. Selain wujud syukur pada dewa, perayaan Cap Go Meh menandakan toleransi terjaga di kota berjuluk Patriot ini.

"Kota Bekasi dijuluki sebagai miniatur Indonesia yang memiliki banyak suku dan agama didalamnya. Jadi sikap saling menghargai itu harus diutamakan dalam segi apapun yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat," jelas dia memungkasi.

Hindari Titik Macet Pawai

Rencananya, pawai Perayaaan Cap Go Meh akan berlangsung mulai pukul 14.00 – 17.00 WIB. Rute pawai pun akan dimulai dari lokasi Kelenteng Hok Lay Kiong dengan melewati sejumlah jalan meliputi Jalan Kenari, Jalan Kartini, Jalan Mayor Oking, Jalan Ir H Juanda, Jalan KH Agus Salim, Jalan Baru Perjuangan, Jalan Perjuangan untuk kembali lagi menuju Kelenteng Hok Lay Kiong.

Dalam poster edaran Kelenteng Hok Lay Kiong, pihak kelenteng memohon maaf atas ketidaknyamanan masyarakat karena pawai, sehubungan akan adanya pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan pawai.

Pihak kelenteng juga meminta agar para pengendara dapat memaklumi potensi kemacetan dan mengimbau untuk menghindari  rute pawai di ruas-ruas jalan tersebut. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600