Membingkai Budaya Bekasi dengan Fotografi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Mar 04, 2018 | 16:26 WIB
Membingkai Budaya Bekasi dengan Fotografi
Peserta lomba fotografi "Membingkai Budaya dengan Fotografi" tengah memfoto model budaya, Lagoon Avenue Mall, Bekasi Selatan, Minggu (4/3). (ayobekasi/Ananda Firdaus)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Dalam rangka menyambut HUT Kota Bekasi ke-21, Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Kota Bekasi bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi menggelar lomba dan seminar fotografi bertajuk "Membingkai Budaya dengan Fotografi" pada 3-4 Maret 2018. 

Memanfaatkan fasilitas Lagoon Avenue Mall, perlombaan diikuti oleh 589 peserta yang tergabung dalam dua kategori. Pertama pelajar dan mahasiswa dengan mengusung tema foto pola dan warna pada arsitektur bangunan Lagoon Avenue Mall, dan kategori umum dengan tema budaya.

"Kami ingin memberikan edukasi bahwasanya fotografi itu tidak sekedar foto model, tapi banyak aspek. Salah satunya kebudayaan yang bisa didapatkan di sini," ungkap Ketua APFI Kota Bekasi, Rizky Trestianto, Minggu (3/3/2018). 

Ragam model dengan nuansa budaya banyak ditampilkan pada kategori umum, di antaranya pemain pencak silat berbalutkan pakaian adat Cinong Bekasi, permainan seni tradisional Ujungan Bekasi, dan objek-objek budaya lainnya. 

Kepala Diskominfostadi Kota Bekasi, Titi Masrifahati mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. Khususnya, karena APFI merupakan wadah anyar bagi fotografer, namun konkret dalam berkarya.

"Kedua dengan adanya lomba, ini juga jadi upaya branding Kota Bekasi untuk dikenal. Kita lihat dari awal penyelenggaraannya saja sudah sangat kooperatif dan pengemasan yang menarik," ujar Titi. 

Dia mengungkapkan, dunia fotografi tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, selain banyak diminati, fotografi telah merambah ke berbagai sektor kehidupan.

"Fotografi jadi media yang begitu komunikatif bagi seluruh kalangan, mulai anak muda sampai orang dewasa. Jadi kita lihat keinginan dari APFI ini untuk memberikan pencerahan dan impactnya pada peminat fotografi di Kota Bekasi," tambah Titi. 

Dalam kesempatan yang sama, Pjs Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusuma menilai fotografi dapat memberikan kontribusi yang baik untuk turut mempromosikan apa saja keunggulan dan kemajuan daerah.

Di samping itu, menurutnya, fotografi merupakan kegiatan dan profesi yang menyenangkan. Dengan perlombaan ini dia berharap bisa meningkatkan kompetensi dan daya saing para peserta, selain menambah wawasan dunia fotografi. 

“Semoga bisa menambahkan wawasan fotografi dan dunia digital sebagai bekal era digital dan informasi. Memunculkan insting fotografer sehingga menampilkan foto yang berkualitas untuk Kota Bekasi,” papar dia.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi