Hari Pertama Kebijakan Ganjil-Genap, Jakarta-Cikampek Semakin Lancar
Oleh Ananda M Firdaus, pada Mar 12, 2018 | 20:00 WIB
Hari Pertama Kebijakan Ganjil-Genap, Jakarta-Cikampek Semakin Lancar
Petugas Dishub Kota Bekasi tengah bertugas memilah kendaraan yang terkena aturan ganjil-genap di pintu tol Bekasi Barat I, Senin (12/3/2018).

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET -- Hari pertama paket kebijakan ganjil-genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada hari ini, Senin (12/3/2018) terpantau lancar. Hal tersebut dilihat dari jumlah kendaraan yang melintas, baik melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat I dan II, maupun GT Bekasi Timur II.

General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy Lukman mengungkapkan, jumlah kendaraan yang melintas di GT Bekasi Barat I terpantau mengalami penurunan signifikan bila dibandingkan dengan hari normal. Tercatat 1.820 unit kendaraan masuk melalui GT. Angka tersebut turun 30% dari kondisi normal yang mencapai 2.600 kendaraan. 

Sedangkan kendaraan yang masuk melalui GT Bekasi Barat II mencapai 1.852 unit kendaraan atau turun 38,20% dari kondisi normal yang mencapai 3.000 unit kendaraan. 

Sementara pengendara yang masuk melalui dari GT Bekasi Timur II saat jam pemberlakuan mencapai 1.545 unit kendaraan atau turun 35,60% dibanding kondisi normal yang mencapai 2.400 unit kendaraan. 

"Secara keseluruhan, dampak kebijakan penurunan kendaraan rata-rata mencapai 35% atau 2.783 kendaraan selama 3 jam pemberlakukan kebijakan," papar Raddy seperti dari keterangan resmi PT Jasa Marga (12/3). 

Raddy menerangkan, penurunan tersebut telah sesuai dengan prediksi. Para pengendara akibat skema aturan hanya memiliki 3 pilihan, yakni beralih rute ke jalur alternatif, beralih waktu perjalanan, dan beralih moda transportasi sehingga penurunan dikatakan signifikan. 

Selain itu, terkait kebijakan pembatasan kendaraan angkutan barang golongan III-V, khususnya di GT Cikarut arah Cikampek mulai pukul 06.00-09.00 WIB ada penurunan volume  mencapai 70% dibanding kondisi normal. Sedangkan kendaraan arah Jakarta-Cikarut mengalami penurunan mencapai 64% dibanding kondisi normal.

Secara tidak langsung, ketiga paket kebijakan yang dilangsungkan hari ini berdampak pada volume kendaraan di ruas-ruas jalan tol lainnya. 

"Pemberlakuan paket kebijakan Jalan tol Jakarta-Cikampek dampaknya dapat dilihat dari sisi kelancaran Jalan Tol Jakarta Cikampek di kedua arah dimana kondisi kelancaran lalu lintas terpantau lancar cukup signifikan," tutup Raddy. 


 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600