Festival Boneka, Ajang Pendorong Industri Boneka Bekasi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Mar 17, 2018 | 15:34 WIB
Festival Boneka, Ajang Pendorong Industri Boneka Bekasi
Seorang pengunjung Festival Boneka Kota Bekasi tengah memfoto anaknya di area bermain festival boneka, Pasar Proyek Bekasi, Sabtu (17/3). (ayobekasi/Ananda Firdaus)

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET -- Rangkaian demi rangkaian agenda HUT Kota Bekasi ke 21 terus disemarakkan. Kini, giliran Festival Boneka yang dihelat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi di Pasar Proyek Bekasi, Bekasi Timur, Sabtu (17/3/2018). 

Kepala Disperindag, Makbullah mengatakan bahwa gelaran ini adalah sebagian usaha pemerintah mengenalkan produk-produk dari industri boneka di Kota Bekasi. Diharapkan, industri boneka yang termasuk ke dalam industri kecil menengah (IKM) ini dapat terstimulasi untuk semakin mengembangkan produk-produknya.

"Mudah-mudahan event-event seperti ini semakin sering kita adakan, baik tingkat kota maupun tingkat provinsi sehingga gaung industri boneka di Kota Bekasi ini sangat terasa dan dapat dilihat oleh masyarakat," kata Makbullah kepada ayobekasi

Selain menampilkan ratusan boneka yang dipajang di area Mall Pelayanan Publik Bekasi ini, festival ini juga dibubuhi beragam acara. Di antaranya mewarnai Boneka Bang Bek dan Mpok Asih. Boneka Bang Bek dan Mpok Asih merupakan maskot baru Kota Bekasi yang diluncurkan secara resmi oleh pemerintah setempat pada tahun lalu.

Selain lomba mewarnai boneka maskot Bekasi, acara tersebut juga diisi dengan workshop boneka, talkshow, panggung Dongeng Boneka, dan beragam lomba serta games seru juga turut digelar.

Di samping itu, tak ketinggalan, festival ini juga menggelar promo beli boneka hanya dengan Rp21.000. Acara ini digelar mulai hari Sabtu hingga Minggu (18/3/2018) dan terbuka untuk umum, tidak dipungut biaya alias gratis

"Semua pihak kita libatkan di acara ini, mulai pemerintah, pelaku industri boneka, pelajar, ibu-ibu PKK, dan stakeholder lainnya. Dengan antusiasme yang luar biasa ini, semoga sampai besok hari dilancarkan," kata dia.

Menyambung itu, Pjs Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusuma mengaku bangga dengan diadakannya festival. Dia berharap acara bisa jadi ajang silaturahmi sekaligus jadi sarana bagi para pelaku boneka mengembangkan bisnisnya.

"Di era pasar bebas, festival semacam ini sangat bagus bila dijadikan amunisi untuk meningkatkan dan memotivasi bagi sektor IKM, khususnya industri boneka," kata Ruddy. 

Dia juga mengatakan bahwa ajang ini jadi modal pemerintah semakin dekat dengan para pelaku usaha boneka guna peningkatan industri boneka di Kota Bekasi kedepannya. "Mudah-mudahan kegiatan ini bisa semakin merekatkan antara pemerintah dan pelaku usaha sehingga mampu meningkatkan kegiatan IKM selanjutnya," kata Ruddy.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600