Pemkot Bekasi Genjot Produksi Industri Boneka
Oleh Ananda M Firdaus, pada Mar 17, 2018 | 16:40 WIB
Pemkot Bekasi Genjot Produksi Industri Boneka
Boneka Bekasi

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Makbullah mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah berupaya menggenjot pertumbuhan industri boneka di Kota Bekasi agar semakin berkembang. 

Menurut dia, industri boneka yang masuk dalam industri kecil menengah ini sejatinya mempunyai peluang besar untuk berdaya saing di tingkat nasional. Bahkan sejumlah produsen boneka di Kota Bekasi telah memasarkannya hingga ke luar negeri.

"Boleh dikatakan industri boneka di Kota Bekasi ini sudah melayani industri-industri boneka di Indonesia. Malahan ada yang sudah diimpor mereka bekerjasama dengan para eksportir," jelas Makbullah.

Menurut Makbullah, saat ini tercatat sekitar 65 pelaku industri boneka yang masih berjalan di Kota Bekasi yang kebanyakan berpusat di daerah Rawalumbu, Mustikajaya, Bantargebang, dan Jatiasih. Dulu, sebelum masuk masa krisis moneter, dirinya mengklaim pelaku industri boneka di kota berjuluk Patriot ini hingga 100 lebih. 

Sementara, dari 65 pelaku industri yang ada, yang telah punya hak paten dalam produksinya baru sekitar 25. Sehingga, kata Makbullah, peran pemerintah untuk mengembangkan industri sangat penting. 

Beberapa upaya yang dilakukan Disperindag di antaranya dengan menjembatani pelaku industri agar mendapatkan hak paten produk dari Kementerian Perindustrian, mendorong produk agar bisa diimpor ke luar daerah juga luar negeri, dan rutin mengenalkan produk seperti pada acara Festival Boneka yang diadakan pihaknya di Pasar Proyek Bekasi saat ini. 

"Mudah-mudahan dengan event-event seperti ini (Festival Boneka) semakin sering kita adakan, baik tingkat kota maupun tingkat provinsi sehingga gaung industri boneka di Kota Bekasi ini sangat terasa dan dapat dilihat oleh masyarakat," ujar Makbullah. 

Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600