TMMD Kota Bekasi Bangun Infrastruktur Fisik dan Nonfisik
Oleh Ananda M Firdaus, pada Apr 04, 2018 | 13:57 WIB
TMMD Kota Bekasi Bangun Infrastruktur Fisik dan Nonfisik
Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusuma bersama Dandim 05/07 Kota Bekasi Wawan Kusnendar usai menandatangani MoU Pelaksanaan TMMD ke 101, Rabu (4/4/2018). (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)

BEKASI UTARA, AYOBEKASI.NET--Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 Kota Bekasi resmi dibuka di Lapangan Kecamatan Bekasi Utara, Rabu (4/4/2018). Kegiatan ini ditargetkan untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur daerah baik fisik maupun nonfisik. 

"Pembangunan infrastruktur merupakan agenda prioritas yang akan terus dilaksanakan. Sebagaimana diketahui, kegiatan TMMD sejalan dengan Undang-undang No 23 tahun 2014 di mana dalam urusan pemerintahan kepala daerah dibantu oleh instansi vertikal," ungkap Penjabat Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusuma. 

Menurutnya, percepatan pembangunan infrastruktur merupakan modal penggerak ekonomi di daerah. Salah satunya ekonomi kerakyatan, sehingga harus ditunjang dari sarana dan prasarananya oleh pemerintah. 

"Oleh karenanya melalui kegiatan TMMD yang akan diselenggarakan TNI ini sangatlah relevan dan sangat kontekstual dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah," kata Ruddy.

Selain itu, program TMMD sejalan dengan visi Kota Bekasi yaitu Maju, Sejahtera, dan Ihsan, sehingga beriringan dengan program percepatan pembangunan infrastruktur di segala bidang yang sedang pemerintah laksanakan.

Ruddy berharap agar hal ini dapat dipertahankan. Menurut dia, suatu kebanggaan karena selama berpuluh-puluh tahun lamanya, TNI telah berhasil menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan pemerintah daerah.

"Kami berharap dengan koordinasi yang terus dijalin dapat mempercepat pembangunan daerah guna mewujudkan masyarakat Kota Bekasi yang maju dan sejahtera," pungkas Ruddy. 

Target Pembangunan Fisik dan Non Fisik
Kegiatan TMMD akan difokuskan di Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara. Tema yang diusung "Semangat sinergitas kita tingkatkan kemanunggalan TNI rakyat guna percepatan pembangunan di daerah dalam rangka keutuhan NKRI" ini akan dilangsungkan pada 4 April hingga 3 Mei 2018. 

Dandim 05/07 Kota Bekasi, Wawan Kusnendar, mengatakan kegiatan TMMD meliputi kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Pembangunan fisik direncanakan dengan membangun lima titik prasarana jalan, perbaikan dan pengecoran jalan lingkungan, serta renovasi lima buah rumah tidak layak huni. 

Sementara kegiatan pembangunan non fisik akan dilaksanakan dengan agenda penyuluhan yang memuat materi wawasan kebangsaan, keamanan, dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), terorisme dan radikalisme, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, serta lain sebagainya. 

"Juga kegiatan non fisik berupa penyuluhan dari TNI, Kepolisian, Kementerian, BNN, dan lain-lain. Biasanya kegiatan penyuluhan diagendakan malam hari. Sedangkan untuk kegiatan siangnya kita alokasikan untuk pembangunan fisik," jelas Wawan. 

Kegiatan ini dibantu 150 personel gabungan baik dari TNI, Kepolisian, dan instansi lainnya. Dia berharap TMMD ini semakin sukses bilamana masyarakat dapat berkontribusi aktif juga. 

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini, kan, sudah jelas kalau TNI memang manunggal artinya bersatu dengan masyarakat. Jadi karena sudah membina hubungan yang baik dengan masyarakat, diharapkan kedepannya terus terjalin," kata Wawan.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600