Kotak Kosong Jadi Lawan Berat Jokowi di Pilpres
Oleh Ananda M Firdaus, pada Apr 15, 2018 | 11:35 WIB
Kotak Kosong Jadi Lawan Berat Jokowi di Pilpres
JAKARTA, AYOBEKASI.NET--Jokowi Widodo mesti waspada agar tidak menerima kekalahan ketika mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Hal itu tergambarkan dalam survei lembaga Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) yang dilakukan 19-27 Maret.
 
Survei KedaiKOPI memetakan pendapat publik soal calon kotak kosong atau jika calon presiden hanya ada satu tanpa pesaing hingga 52%. Survei yang melibatkan 1.135 responden itu juga menyatakan masyarakat tidak setuju jika pada pemilu presiden nanti hanya ada calon tunggal sampai 62,9%.
 
“Kotak kosong (52%) akan menjadi lawan terkuat Jokowi pada Pemilu 2019. Ini merupakan imbas ketidaksetujuan publik terhadap fenomena kotak kosong," ujar Pendiri  KedaiKOPI, Hendri Satrio dalam siaran persnya, Sabtu (14/3/2018). 
 
Masyarakat juga menilai fenomena partai yang tidak mencalonkan presiden tapi malah ramai-ramai mengusulkan nama wakil presiden terjadi karena tidak berani berkompetisi dengan Jokowi sebanyak 22%, lalu menganggap gagal melakukan kaderisasi 18,7%, dan karena kurang berpengalaman 16,7%.
 
Kendati Jokowi masih memiliki kesempatan. Berdasarkan survei yang sama, Jokowi memiliki elektabilitas tertinggi saat disandingkan dengan nama-nama tokoh dominan (48,3%), diikuti Prabowo Subianto (21,5%), Gatot Nurmantyo (2,1%) lalu TGB Zainul Madji, Anies Baswedan,dan Agus Harimurti Yudhoyono yang sama-sama mendapatkan 1,1% suara.
 
Diterangkan, faktor penentu mengapa Jokowi masih bisa bertahan karena tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahannya yang masih tinggi. 
 
"Sampai saat ini, 66,5% publik mengaku puas pada pemerintahan Jokowi terutama pada bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan hubungan luar negeri. Hanya 33,5% yang menyatakan tidak puas," terang Direktur KedaiKOPI, Vivi Zabkie. 
 
 
Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600