Riset: Hiu Sangat Menyukai Musik Jazz
Oleh Ananda M Firdaus, pada May 12, 2018 | 10:03 WIB
Riset: Hiu Sangat Menyukai Musik Jazz
Ikan Hiu. (vozdocoxa)

RAWALUMBU, AYOBEKASI.NET--Tidak seperti gambaran umumnya, hiu yang buas dan sering disebut monster laut ternyata merupakan hewan yang canggih karena mempunyai ketertarikan dengan musik jazz.

Dilansir dari Skynews, para ilmuwan di Macquarie University Fish Lab Australia telah menemukan bahwa ikan dapat mengasosiasikan musik dengan imbalan sebuah makanan, dan musik jazz lebih mereka sukai daripada klasik.

Para peneliti melatih bayi hiu Port Jackson (Heterodontus portusjacksoni) untuk mengasosiasikan musik dengan hadiah sebagai bagian dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Kognisi Hewan. Mereka menemukan hiu belajar untuk pergi menuju stasiun makanan jauh lebih baik ketika memainkan musik jazz daripada jenis lagu lainnya.

"Suara sangat penting bagi hewan akuatik. Ia berjalan dengan baik di bawah air dan ikan menggunakannya untuk mencari makanan, tempat bersembunyi dan bahkan berkomunikasi," kata penulis utama studi tersebut, Catarina Vila-Pouca, dari departemen ilmu biologi.

Meskipun laporan tersebut hanya bersifat anekdotal, para peneliti telah mencatat cerita yang menunjukkan bahwa hiu dapat mengasosiasikan suara mesin kapal dengan baik. Sementara hiu bereaksi dengan baik terhadap jazz, profesor Culum Brown mengatakan mereka kurang tampil ketika dihadapkan dengan musik klasik.

"Sudah jelas bahwa hiu tahu bahwa mereka harus melakukan sesuatu ketika musik klasik dimainkan, tetapi mereka tidak tahu bahwa mereka harus pergi ke lokasi yang berbeda."

"Tugas ini lebih sulit daripada kedengarannya, karena hiu harus belajar bahwa lokasi yang berbeda dikaitkan dengan genre musik tertentu, yang kemudian dipasangkan dengan hadiah makanan." jelasnya.

Ms Vila-Pouca berkata, "Hiu umumnya diremehkan ketika akan diuji kemampuan belajarnya, kebanyakan orang melihat mereka sebagai hewan naluriah."

"Namun, hiu memiliki otak yang sangat besar dan jelas jauh lebih pintar daripada yang kita sangka. Orang-orang memperoleh pemahaman yang lebih baik dari penelitian ini akan membantu menumbuhkan opini publik yang positif tentang hiu dan dapat mengubah kehendak publik dan politik terhadap konservasi mereka," ujar Vila.

Source: Sky News 

Source: skynews.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi