Timun Suri, Rezeki Ramadan yang Tak Pernah Bohong
Oleh Ananda M Firdaus, pada May 23, 2018 | 14:26 WIB
Timun Suri, Rezeki Ramadan yang Tak Pernah Bohong
Timun suri yang dijajakan Marhan di Jalan Kartini, Bekasi. (Ananda Firdaus/ayobekasi)

BEKASI TIMUR, AYOBANDUNG.COM--Selepas ibadah salat Zuhur, sekitar pukul 12.30 WIB, Marhan (39) telah mempersiapkan lapak jualannya di bilangan Jalan Kartini, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Dia menjajakan Timun Suri, buah yang ramai dijual saat bulan Ramadan.

Dirinya mungkin hanya satu di antara sekian banyak orang yang mengais rejeki dari buah berwarna putih kekuningan ini. Namun, tidak dipungkiri rezeki si buah hanya ada saat bulan peribadatan umat Islam ini.

"Kalau kaya kami, kan, ngambil momen aja. Kalau enggak puasa, enggak bisa jual," ujar Marhan pada ayobekasi, Rabu (23/5/2018). 

Rutinitasnya ini dilalui sejak anak-anak Marhan masih bersekolah di sekolah dasar. Terhitung belasan tahun, sekarang anak terbesarnya telah memasuki jenjang sekolah menengah kejuruan di salah satu Bekasi. "Saya jualan udah belasan tahun," terang Marhan. 

Marhan memang tak melulu menggantungkan kesehariannya pada timun suri. Setidaknya, di waktu luang sebelum jam berjualan timun suri, dia berjualan sayuran di Pasar Baru.

Marhan mengungkapkan, barang dagangannya didapatkan dari petani asal Kabupaten Karawang. Namun, terkadang bila stok petani Karawang kurang, timun suri tersebut dikirim dari Kampung Gabus, Kabupaten Bekasi. 

"Sekali ngambil timun suri bisa sampai empat kuintal, terus dibagi-bagi sama pedagang lainnya. Kadang 3-4 hari udah habis, terus dikirim lagi buahnya," ujar Marhan mengira-ngira banyaknya buah yang dikirim karena cepat laku dijual.

Marhan mengatakan, timun surinya terbilang murah. Dengan kisaran harga Rp9000-Rp10.000 per kilonya, buah tersebut kebanyakan diborong para pengolah jajanan takjil, seperti sop buah. 

Marhan berharap, pedagang-pedagang kecil dan musiman sepertinya, dapat terus diberi kelancaran rezeki. Meski Ramadan baru memasuki hari ke 7, dia yakin hasil berjualan sangat cukup untuk merayakan Idulfitri bersama keluarganya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax