Ungkap Modus Pencurian Rumah Kosong, Polisi: Hati-Hati untuk Pemudik
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jun 11, 2018 | 15:04 WIB
Ungkap Modus Pencurian Rumah Kosong, Polisi: Hati-Hati untuk Pemudik
Barang bukti yang diamankan kepolisian dari para pelaku pencurian spesialis rumah kosong, Senin (11/6). (Ananda Firdaus/ayobekasi)

BANTAR GEBANG, AYOBEKASI.NET--Kepolisian Sektor Bantar Gebang, Kota Bekasi, berhasil mengungkap modus pencurian spesialis rumah kosong hasil pengembangan kasus pencurian di Perum Pondok Timur Indah, Kecamatan Mustikajaya, Rabu (6/6/2018). 

Sebelum melancarkan aksinya, para pelaku, I (34) dan EF (28) mengaku bakal melakukan pemantauan di sejumlah rumah yang diprediksi kosong sehingga aman untuk dibobol.

"Pada awalnya sebelum melakukan pencurian mereka sudah memegang data yang dihasilkan lewat cara menyisir, mencari, dan mengintip rumah yang kemungkinan kosong ditinggalkan pemiliknya," ungkap Kapolsek Bantar Gebang, Kompol Siswo, Senin (11/6/2018). 

Rumah yang dinilai kosong oleh pelaku adalah rumah yang keadaan lampunya padam atau tengah menyala tidak sesuai waktunya. "Ciri-cirinya kalau rumah di siang hari terus lampu masih nyala, itu ditandain rumah itu sudah kosong. Yang kedua kalau malam hari, itu lampu gelap tidak ada yang menyala sama sekali," beber Siswo.

Menurut Siswo, meskipun komplotan ini berhasil ditangkap, kepolisian masih melakukan pengembangan karena dikhawatirkan ada komplotan serupa, terlebi kerawanan pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik semakin tinggi saat memasuki libur Lebaran.

"Dan kami sudah mengamankan rumah-rumah yang akan jadi sasarannya, ada delapan titik," kata Siswo menerangkan jumlah kemungkinan rumah kosong yang sebelumnya sempat diincar I dan EF. 

Siswo mengimbau, agar pemudik lebih berhati-hati dan dapat menitipkan kunci rumahnya ke tetangga guna menghindari kejadian pencurian serupa terulang.

Selain itu, Siswo mengatakan, Markas Polsek Bantar Gebang membuka pelayanan titip barang berharga bagi para pemudik, mulai perhiasan, kendaraan roda dua dan empat, tanpa sepeser pun biaya penitipan. 

"Dan kami tidak akan segan kalau nanti ada kelompok lain yang berani mencoba melakukan tindak serupa di wilayah keamanan Polsek Bantar Gebang ini, kami tidak segan menembak ditempat," pungkas Siswo. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600