Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Arus Balik Lebaran di Tol Japek
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jun 14, 2018 | 20:56 WIB
Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Arus Balik Lebaran di Tol Japek
General Manager PT Jasa Marga Tbk Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman menerangkan tentang strategi antisipasi arus balik lebaran 2018, Kamis (14/6). (Ist)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET--PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek mengumumkan arus mudik lebaran 2018 di tol Jakarta-Cikampek telah usai. Disebutkan pula evaluasi untuk arus mudik tahun ini terbilang lancar. 

"Kelancaran lalu lintas (lalin) selama arus mudik tidak lepas dari sinergi lintas sektoral baik kementerian, kepolisian maupun Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," ujar General Manager PT Jasa Marga Tbk Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman, Kamis (14/6/2018). 

Menurut Raddy, untuk langkah selanjutnya, Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah strategi arus balik yang akan berlangsung pada 17-21 Juni 2018. Antara lain, dengan pengaturan distribusi lalu lintas.

"Adanya penambahan hari cuti bersama dan program diskon tarif tol diharapakan dapat mengendalikan distribusi lalin, karena pengguna jalan tol memiliki pilihan waktu untuk arus balik," terang Raddy. 

Selanjutnya, Jasa Marga akan mengoptimalkan kapasitas lajur, gerbang maupun fungsi pelayanan rest area. "Peningkatan kapasitas untuk rest area di antaranya melalui pemasangan alat Rest Area Monitoring System (RAMS) dan penambahan lahan parkir di jalan Tol Jakarta-Cikampek," papar Raddy.

Sedangkan untuk lajur, peningkatan kapasitas salah satunya melalui pemberlakuan contraflow di jalan Tol Jakarta Cikampek atas diskresi kepolisian. 

"Jalan Tol Jakarta-Cikampek memiliki dua wilayah pemberlakuan contraflow yaitu di wilayah Timur mulai dari GT Cikarang Utama (KM 30) hingga KM 65, untuk wilayah Barat mulai dari GT Cikarang Utama (KM 30) hingga KM 21," beber Raddy. Selain itu, akan dilakukan optimalisasi di gerbang tol untuk proses transaksi dengan menyiapkan 15 mobile reader

Selain itu, Jasa Marga akan melakukan percepatan penanganan gangguan di lajur dengan menurunkan petugas yang siap tanggap.

"Untuk mengantisipasi kepadatan di lajur yang disebabkan oleh adanya gangguan, maka tim dari Cabang Jakarta-Cikampek telah menyiapkan petugas siaga di lapangan, armada pendukung operasional dan tahun ini, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiagakan dua motor patroli untuk memantau pemberlakuan contraflow," pungkas Raddy.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600