Pusat Ikan Hias Kota Bekasi Disebut Kurang Promosi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jul 11, 2018 | 12:27 WIB
Pusat Ikan Hias Kota Bekasi Disebut Kurang Promosi
Pusat Ikan Hias Kota Bekasi. (Ananda Muhammad/ayobandung)

RAWALUMBU, AYOBEKASI.NET--Sejumlah pedagang ikan hias di Pusat Ikan Hias Kota Bekasi mengaku sepi pengunjung. Pasar yang berlokasi di Jalan Pariwisata Raya, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu tersebut dinilai kurang dipromosikan sehingga tidak menyedot pengunjung. 

Aan penjual di Kios Zona Ikan Pusat Ikan Hias Kota Bekasi, mengaku, kurang merasakan promosi tersebut dari pemerintah.

"Emang gerakan promosi kurang dari dulu. Saya yakin masyarakat banyak yang belum tahu (pusat ikan hias), kebanyakan yang datang pelanggan lama," kata Aan pada AyoBekasi, Rabu (11/7/2018). 

Ia mengaku mulai membuka usaha kios ikannya sejak tahun 2000. Meski pemerintah membantu dengan meresmikan tempat ini di dua periode kepemerintahan terakhir, namun rencana menjadikannya sebagai pusat niaga ikan hias belum tercermin.

Aan coba membandingkan pusat ikan Hias di Jatinegara Jakarta Timur dan Parung Bogor dengan keberadaan di Kota Bekasi. Menurutnya, di Kota Bekasi tidak sebegitu ramai pusat ikan di dua tempat tersebut selain faktor promosi, juga karena permodalan pada pedagang. 

Dia menyebut dari 60 kios yang ada, hanya enam kios yang diisi pedagang ikan hias, sisanya oleh kios aquascape, kios unggas dan perlengkapannya, sedang lainnya masih kosong.

"Dulu sebenarnya banyak (pedagang ikan), tapi lambat laun ada yang kehabisan modal, akhirnya jadi gulung tikar. Saya juga beberapa kali gulung gara-gara sepi pengunjung, akhirnya harus modal lagi, kaya pinjem ke bank,"  ujar Aan. 

Dia berharap pemerintah sedia untuk menggencarkan promosi pusat ikan hias kepada masyarakat, serta melibatkan para pedagang pada event khusus tentang perikanan. 

Disamping itu, dia berharap ada uluran tangan dari pemerintah berupa pinjaman modal untuk pelaku jual-beli ikan hias di Kota Bekasi. 

"Suntikan dana buat jadi modal buat pedagang ikan, apalagi dengan bunga lunak, nggak usah besar-besaran kalau ada bunga ibaratnya," pungkasnya. 


Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax