Rayakan HUT Bhayangkara, Sejumlah RW Kota Bekasi Raih Juara Zero Kriminal
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jul 11, 2018 | 20:16 WIB
Rayakan HUT Bhayangkara, Sejumlah RW Kota Bekasi Raih Juara Zero Kriminal
Para perwakilan RW pemenang lomba RW Zero Kriminal bersama tiga pilar Kota Bekasi, Rabu (11/7). (Ananda Firdaus/ayobekasi)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Polres Metro Bekasi Kota memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-72 di halaman makonya, Bekasi Selatan, Rabu (11/7/2018). Dalam acara, sejumlah agenda digelar, salah satunya pemberian predikat juara pada RW-RW yang berhasil memenangkan perlombaan RW Zero Kriminal. 

Dari sekitar 1.000 lebih RW di Kota Bekasi, RW 9 Kelurahan Harapan Baru mendapatkan predikat juara pertama, diikuti RW 7 Kelurahan Pondok Melati di posisi kedua, RW 9 Kelurahan Jatikarya di posisi ketiga, dan RW 7 Kelurahan Jatibening sebagai juara harapan. 

"Kalau ada pemenang 4 RW ini, itu sebagai tambahan saja, karena yang kami cari adalah bagaimana prosesnya. Tapi saya sudah merasa bangga, karena lewat perlombaan RW ini mereka semua bisa bergerak," ungkap Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto. 

Indarto menjelaskan, perlombaan merupakan inisiasi dari unsur tiga pilar, yakni kepolisian, TNI, serta pemerintah. Para pembina perlombaan di masing-masing RW adalah bhabinkabtimnas mewakili kepolisian, Babinsa dari TNI, dan kelurahan. 

Penilaian perlombaan, lanjut Indarto, dilakukan sejak tiga bulan silam dan intens dimonitor setiap saatnya. Adapun penilaian berdasarkan enam indikator. Salah satu indikator yang paling utama adalah partisipasi masyarakat untuk mengukur seberapa jauh kepedulian warga terhadap lingkungannya. 

"Misalnya (indikator partisipasi masyarakat), tiap minggu mereka berkumpul membicarakan keamanan, semakin sering, maka semakin tinggi penilaiannya," ujar Indarto. 

Indarto mengungkapkan, yang terpenting dari hasil perlombaan adalah semakin sadarnya warga bahwa menjaga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) merupakan tugas bersama. Selain itu, mereka juga membantu aparat menjaga kota ini semakin aman.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600