Pelayanan SIM dan SKCK di Kota Bekasi Dibuka 24 Jam Nonstop
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jul 12, 2018 | 08:10 WIB
Pelayanan SIM dan SKCK di Kota Bekasi Dibuka 24 Jam Nonstop
Kombes Pol Indarto saat meresmikan Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di Mako Polres Metro Bekasi Kota, Rabu (11/7/2018).

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Polres Metro Bekasi Kota meluncurkan program pelayanan terpadu 24 jam untuk masyarakat yang hendak mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) serta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Peluncuran program ini bersamaan dengan peresmian gedung Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) untuk menunjang adanya program yang berlokasi di Mako Polres Metro Bekasi Kota, Jalan Pramuka no 79, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Rabu (11/7/2018).

"Kita tahu salah satu masalah di sini adalah terlalu besarnya animo dibandingkan sumber daya yang telah disiapkan untuk melayani. Kita sudah kembangkan mal pelayanan tetapi karena animo tinggi sehingga banyak antrean. Kita sudah coba cara yang lain yaitu dengan nambah jam sampai jam 20.30 WIB, tetep aja ada antrean," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto.

Menurut Indarto, program ini merupakan totalitas kepolisian melayani masyarakat. Pasalnya, program 24 jam memungkinkan pemohon SIM atau SKCK yang biasa antre di fasilitas Mal Pelayanan Publik dapat memilih waktu sesuai keinginannya sendiri untuk dilayani.

"Satu hari itu kuota sekitar 250 sampai 300. Padahal dengan 250 pemohon itu sudah habis jam 16.00 WIB. Tidak ada cara lain selain kami harus menambah waktu. Biar tidak ada antrean kita sepakat, sepertinya kita mampu untuk melayani 24 jam," lanjut Indarto.

AYO BACA : Renas 212 Usulkan Empat Nama Pendamping Jokowi

Konsekuensinya ada pengorbanan dari sumber daya petugas maupun bahan material yang biasanya dalam waktu satu bulan habis, sekarang dimungkinkan habis hanya dalam waktu dua minggu. 

"Tapi segala kendala teknis sudah kita atasi. Dimulai hari ini kita akan melaksanakan itu," tegas Indarto.

Pelayanan 24 jam ini dibuka setiap hari. 

Untuk pembuatan SIM baru dan perpanjang SKCK di polres berlangsung pada pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan perpanjangan SIM dan pembuatan SKCK baru dilayani di Mal Pelayanan Publik pukul 08.00-16.00 WIB.

Lalu pelayanan perpanjang SIM dan SKCK akan dilanjutkan di polres pada pukul 19.00-08.00 WIB. Setelah itu, perpanjangan SIM dan SKCK dilayani kembali di Mal Pelayanan Publik.

"Dengan bahasa mudah, polres layani 24 jam full perpanjangan SKCK, untuk perpanjangan SIM melayani dari jam 19.00-08.00 WIB. Jam 08.00 WIB lalu diteruskan perpanjangannya di Mal Pelayanan Publik. 24 jam selama 7 hari, jadi Minggu juga buka," pungkas Indarto.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600