Pembuatan SIM Dibuka 24 Jam, Masyarakat Diminta Tidak Gunakan Jasa Calo
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jul 12, 2018 | 09:09 WIB
Pembuatan SIM Dibuka 24 Jam, Masyarakat Diminta Tidak Gunakan Jasa Calo
Ilustrasi SIM. (Satrio/ayobandung)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Kepala Polres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto, mengharapkan dengan adanya pelayanan 24 jam pembuatan atau perpanjangan SIM, warga tidak lagi terjebak calo yang selama ini merugikan kepolisian.

"Sudahlah masyarakat enggak usah pakai calo. Saya nguber-nguber calo setiap hari. Apa sih yang diharapkan dari calo?," kata Indarto di Mako Polres Metro Bekasi Kota, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, dengan pelayanan 24 jam mempermudah akses masyarakat mengurusi kebutuhan pembuatan SIM sesuai waktu yang diinginkan. Begitu pula dengan layanan pembuatan atau perpanjangan SKCK.

"Selain menghindari antrean kita memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Bekasi, yang rumahnya di sini, tetapi kerjanya misal di Jakarta. Jadi dengan begini dia setelah pulang dari kantor, bisa mampir ke kita," papar Indarto.

Ia menjelaskan lebih lanjut, program pelayanan yang diterapkan setelah diresmikannya Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) ini akan dievaluasi soal keefektifannya.

Saat ini pelayanan di SPK Polres Metro Bekasi Kota selain di Mal Pelayanan Publik akan ditangani oleh empat counter pelayanan.

"Tapi mungkin setelah diatas jam 24.00 WIB kita akan kurangi counter-nya, tapi itu menunggu hasil evaluasi. Prinsipnya tidak ada lagi antrean, setiap minggunya dievaluasi," lanjutnya.

AYO BACA : Relawan Nasional 212 Sodorkan Empat Nama Pendamping Jokowi

Indarto juga menargetkan, tambahan jam pelayanan selain akan menampung kuota pemohon yang biasanya menumpuk antre, juga bisa mempercepat durasi pelayanan itu sendiri.

"Misalkan, yang perpanjang SIM cukup setengah jam dari dia ngasih bekas. SKCK juga setengah sampai satu jam," kata Indarto.

Pelayanan 24 jam dibuka setiap hari. Untuk pembuatan SIM baru dan perpanjang SKCK di polres berlangsung pada pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan perpanjangan SIM dan pembuatan SKCK baru dilayani di Mal Pelayanan Publik pukul 08.00-16.00 WIB.

Lalu pelayanan perpanjang SIM dan SKCK akan dilanjutkan di polres pada pukul 19.00-08.00 WIB. Setelah itu, perpanjangan SIM dan SKCK dilayani kembali di Mal Pelayanan Publik.

Disamping itu, Polres Metro Bekasi Kota membuka layanan simulasi mengemudi secara cuma-cuma bagi pemohon SIM, yakni pada minggu mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Klaim Indarto, pemohon yang mengikuti latihan mengemudi gratis ini dimungkinkan lulus saat ujian praktek yang sebenarnya.

"Mereka yang menggunakan itu tingkat kelulusannya 92%. Artinya dari 10 yang ujian, sembilan lulus," pungkasnya. 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600