Wisatawan Mancanegara pada Hajat Asian Games Bisa Sumbang Ekonomi Daerah
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jul 12, 2018 | 14:02 WIB
Wisatawan Mancanegara pada Hajat Asian Games Bisa Sumbang Ekonomi Daerah
Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto saat melawat venue Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Kamis (12/7). (Ananda Firdaus/ayobekasi)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto berharap ajang Asian Games 2018 yang digelar Agustus 2018 dapat memberikan nilai tambah pada ekonomi daerah.Dia meminta masyarakat sadar terhadap pelaksanaan ajang internasional ini lantaran banyaknya potensi yang bisa dimanfaatkan.

"Bayangkan kalau 170.000 wisatawan mancanegara bisa masuk ke Kota Bekasi, 30% aja berarti 50.000 orang. Kalau mereka terus buang uang $500 saja, berapa keuntungannya untuk kita?" kata Djoko di sela-sela kunjungan ke Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Kamis (12/7/2018). 

Stadion Patriot Chandrabaga digunakan sebagai venue laga grup A dan B cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018. Maka, kata Djoko, menjadi tugas Pemerintah Kota Bekasi untuk mulai gencar mensosialisasikan ajang itu kepada masyarakat.

"Mungkin masalah sosialisasi pada masyarakat tentang jadwal jam berapanya harus ditekankan dan terus disosialisasikan. Jangan sampai masyarakat enggak sadar bahwa ada agenda, jangan sampai mereka tidak antusias juga," ujar Djoko. 

Dalam sosialisasi, selain pengumuman berkenaan jadwal-jadwal pelaksanaan, diharapkan juga adanya keterlibatan pelaku industri kreatif untuk menyemarakkan acara. Djoko menyebut, pontensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sangat bagus bisa dilibatkan selama hajatan Asian Games 2018.

"Misalnya, buat suvenir-suvenir yang bisa support acara, pemerintah harus bisa memberikan wadahnya. Dan juga usahakan kita harus bermental sebagai daerah yang mampu menerima wisatawan. Jadi turis merasa aman, merasa mudah ketika berkunjung. Ibaratnya, orang datang ke sini sehat, pulang juga harus sehat," pungkas Djoko.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax