713 Bacaleg Bersaing Rebut 50 Kursi Kosong DRPD Kota Bekasi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Jul 20, 2018 | 12:03 WIB
713 Bacaleg Bersaing Rebut 50 Kursi Kosong DRPD Kota Bekasi
Ilustrasi pileg.

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET--Sebanyak 713 bakal calon legislatif dari berbagai partai siap berebut 50 kursi kosong Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kota Bekasi pada Pemilihan Legislatif tahun 2019 nanti. 

Komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo, mengatakan bacaleg tersebut telah terdaftar dengan mewakili nama partai-partai politik di Kota Bekasi sebanyak 16 partai. 
Sementara pasca penutupan pendaftaran pada 17 Juli kemarin, pihaknya telah melakukan verifikasi kelengkapan administrasi pencalonan yang selanjutnya tinggal diumumkan hasilnya. 

"Besok (21/7) kita akan umumkan pada partai hasil verifikasi kelengkapan administrasinya," kata Kanti, Jumat (20/7/2018). 

Usai pengumuman hasil verifikasi, masing-masing partai diperkenankan untuk melakukan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti. 

"Untuk perbaikan terkait syarat, kita beri waktu terhitung tanggal 22-31 Juli, selanjutnya kita verifikasi lagi," katanya. 

KPU akan melakukan verifikasi ulang terkait kelengkapan administrasi tanggal 1-7 Agustus. Setelahnya tanggal 8-12 Agustus dilalukan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS). 

Pada tanggal 12-14 Agustus dilalukan pengumuman DCS. Lalu tanggal 15-20 Agustus, KPU memberikan waktu untuk masyarakat untuk menanggapi DCS yang telah ditetapkan. 

Tanggal 22-28 Agustus, KPU akan memberikan permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS. Lalu tanggal 29-31 Agustus penyampaian klarifikasi partai politik kepada KPU Kota Bekasi. 

"Tahapan terakhir untuk penetapan calon tanggal 1-3 September, itu pemberitahuan pengganti DCS," pungkasnya. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600