Kasus Pemalsu Uang Diharapkan Jadi Perhatian Bank Indonesia
Oleh Ananda M Firdaus, pada Sep 10, 2018 | 19:22 WIB
Kasus Pemalsu Uang Diharapkan Jadi Perhatian Bank Indonesia
Jajaran Polres Metro Bekasi Kota menunjukkan barang bukti uang palsu dari tangan para pelaku, Senin (10/9/2018).
BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Polres Metro Bekasi Kota berhasil menangkap dua orang pelaku pengedar uang palsu yang beroperasi di Bekasi, Bandung, juga Garut. Dalam aksinya, pelaku berinisial UT (40) dan GR (40) telah menjual uang palsunya hingga jumlah ratusan juta rupiah. 
 
Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih, mengungkapkan uang palsu yang berhasil diamankan dari tangan pelaku saat penangkapan mencapai Rp20 juta dengan pecahan sebesar Rp50 ribu. Yang miris, uang palsu tersebut sangat mirip dan sulit dibedakan dengan uang asli. 
 
"Ini sangat mirip secara kasat mata dengan uang yang asli, meski disentuh agak terasa kasar. Mungkin perlu kita tinjau lebih jauh palsunya di mana, mudah-mudahan jadi perhatian Bank Indonesia juga," ujar Jairus di Mako Polres Metro Bekasi Kota, Senin (10/9/2018). 
 
Kata Jairus, pihaknya masih perlu mendalami perihal kasus ini. Pasalnya para pelaku belum cukup jelas kasus mengungkap perkara besar dalam kasus ini. Seperti jaringan, peredarannya lebih jauh, termasuk tempat mencetak uang tersebut. 
 
"Kata pelaku dia mendapatkan uang tersebut dari temannya yang memiliki percetakan. Ketika ditunjukkan alamatnya, ternyata alamatnya bodong," kata Jairus. 
 
Jairus meminta masyarakat lebih berhati-hati dengan peredaran uang palsu ini lantaran tidak memiliki nilai tukar sama sekali. Lebih jauh dia akan mencoba berkoordinasi dengan pihak Bank Indonesia untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait antisipasi uang palsu.

AYO BACA : Dua Orang Tersangka Pemalsu Uang Ratusan Juta Ditangkap

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax