Kota Bekasi Akan Kaji Sistem E-Tilang Lewat CCTV
Oleh Ananda M Firdaus, pada Oct 01, 2018 | 12:52 WIB
Kota Bekasi Akan Kaji Sistem E-Tilang Lewat CCTV
Jalan Ahmad Yani. Polres Metro Bekasi Kota akan mengkaji penerapan sistem E-Tilang melalui sistem pemantauan CCTV yang akan disebar di sejumlah ruas jalan Kota Bekasi. (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Polres Metro Bekasi Kota akan mengkaji penerapan sistem tilang elektronik atau E-Tilang di wilayah Kota Bekasi. Diketahui, sejumlah daerah sudah menerapkan sistem ini. Termasuk Polda Metro Jaya mulai mengujicobanya awal Oktober 2018.

"Kita akan memberlakukan itu, tapi kan itu ada tahapannya, tidak bisa langsung, untuk prosesnya akan kita rapatkan," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto, Senin (1/10/2018).

Menurut Indarto, kebutuhan sistem E-Tilang untuk menindak pelanggaran lalu lintas yang tidak terjangkau oleh petugas lapangan. Dia mengungkapkan, kesadaran para pengguna jalan masih banyak yang minim.

"Kenapa CCTV untuk E-Tilang itu bagus, karena lewat itu kita bisa mendorong kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas," ujarnya.

Lewar E-Tilang, kepolisian juga bisa mengefektifkan kerja petugas di lapangan, mengingat personel dianggap kurang lantaran jumlah pengguna jalan terus bertambah seiring waktu.

Selain itu, dengan penggunaan E-Tilang, kepolisian cukup memantau pergerakan pengguna jalan lewat CCTV. Bila ditemukan pelanggar petugas tinggal mencatat nomor polisi kendaraan sehingga untuk selanjutnya petugas hanya tinggal menindak.

"Minggu ini akan kita rapatkan, setelah itu kita buat time schedule baru ketahuan apa saja yang perlu kita siapkan," pungkasnya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi