Minggu Ini Ada Festival Seni Jawa Barat di CFD Bekasi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Oct 06, 2018 | 10:21 WIB
Minggu Ini Ada Festival Seni Jawa Barat di CFD Bekasi
Ilustrasi Kota Bekasi. (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) akan menghelat Festival Seni Budaya Jawa Barat, yang rencana di laksanakan di area Car Free Day (CFD) Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Minggu (7/10/2018).

Kepala Disparbud Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih, memastikan acara digelar sangat meriah lantaran diikuti banyak peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat selain memanfaatkan para pengunjung yang rutin mengikuti CFD Bekasi.

Para peserta seni yang akan mengisi festival sendiri antara lain dari Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, dan Kota Sukabumi.

Adapun daerah-daerah tersebut akan menampilkan tari-tari lokalnya, yakni Tari Topeng, Tari Galudra Ngapak, Tari Leuwi Gajah, Tari Peperenian, Tari Umbul, Tari Sisingaan, Tari Euwah-euwah, Tari Helaran Ayakan, dan Tari Gegebah.

Selain itu, akan ditampilkan pertunjukan seni lainnya, seperti Silat Kumbesi, penampilan Drumband Gita Patriot, Kostum Kreasi, Kreasi Tari Bali, Barongsay, serta penampilan sejumlah tari nusantara di luar Jawa Barat.

Menurut Zarkasih, tidak lain agenda ini untuk menyemarakan kesenian dan kehidupan berbudaya masyarakat semakin kuat dengan mengenal atau mengingatnya kembali.

"Jadi kita adakan festival ini dalam rangka pelestarian seni budaya, khususnya untuk menarik minat kaum muda untuk belajar seni budaya tradisional," terang Zarkasih, Sabtu (6/10).

Dalam agenda tersebut, dipastikan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi juga turut hadir meramaikannya. Maka Zarkasih berharap agar masyarakat dapat berkunjung ke acara, terlebih tidak dipungut biaya. 

"Mari hadir, kita ramaikan festival seni budaya ini. Ingat, acaranya dimulai dari jam 06.00-09.30 WIB di area Car Free Day Kota Bekasi," pungkasnya. 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi