Sungai Cileungsi, Cikeas, dan Kali Bekasi Akan Dipantau CCTV
Oleh Ananda M Firdaus, pada Oct 12, 2018 | 11:04 WIB
Sungai Cileungsi, Cikeas, dan Kali Bekasi Akan Dipantau CCTV
Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas dan Cileungsi (KP2C), Puarman.

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Sungai Cileungsi, Cikeas, dan Kali Bekasi rencana akan dipasang kamera pengawas CCTV di sejumlah titiknya. Hal tersebut sebagai early warning system akan ancaman bahaya banjir bagi masyarakat yang hidup di bantaran sungai. 

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas dan Cileungsi (KP2C), Puarman, mengungkapkan pemasangan CCTV tersebut akan dilakukan bersamaan dengan agenda Forum Diskusi yang bertemakan "Hidup Aman dan Nyaman Bersama Sungai" yang digelar di aula serbaguna Masjid Siti Rawani, Villa Nusa Indah, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (13/10/2018). 

"Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono menurut rencana akan membuka Forum Diskusi Sungai. Selain membuka acara diskusi, beliau akan meluncurkan CCTV KP2C di empat titik pantau Tinggi Muka Air (TMA) sungai Cileungsi, sungai Cikeas, dan Kali Bekasi," ujar Puarman, Jumat (12/10). 

Puarman mengatakan, agenda ini hasil kerja sama dengan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) sebagai penyedia perangkat CCTV sebagai early warning system terhadap ancaman banjir.

Ketua Panitia Forum Diskusi Sungai, Sancoyo Rahardjo, menjelaskan diskusi sungai ini merupakan kali kedua diselenggarakan KP2C sejak komunitas ini berdiri tahun 2016. Sebelumnya KP2C menggelar kegiatan jalan sehat yang dirangkai dengan edukasi soal keberadaan Sungai Cileungsi, Cikeas dan Kali Bekasi.

"Acara diskusi kali ini digelar dalam upaya membangkitkan  kepedulian dan pemahaman warga terdampak banjir tentang potensi ancaman dan pencegahan bencana banjir akibat meluapnya ketiga sungai tersebut," ujar Sancoyo. 

Selain menampilkan pembicara Ketua KP2C, Forum Diskusi ini juga  akan menghadirkan  pembicara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, Bambang Hidayah, dan Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Medi Herlianto. 

"Diskusi ini juga menampilkan pembahas, masing-masing Kepala Desa Bojong Kulur (Bogor), Lurah Jatirasa (Bekasi) dan Ketua Tim 156 Bojong Kulur," tambahnya. 

Dari Forum Diskusi ini, KP2C akan mengeluarkan Rekomendasi KP2C tentang solusi pencegahan banjir. Rekomendasi ini rencana akan dilayangkan kepada Presiden RI. Adapun kegiatan dibatasi untuk peserta dan akan digelar mulai pukul 08.30 WIB.  
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi