Retribusi Pasar Kota Bekasi Rencana Dinaikkan
Oleh Ananda M Firdaus, pada Oct 17, 2018 | 11:37 WIB
Retribusi Pasar Kota Bekasi Rencana Dinaikkan
Kepala Disdagperin Kota Bekasi, Makbullah. (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kota Bekasi akan mengevaluasi bentuk kerja sama dengan para penyewa lapak di pasar-pasar Kota Bekasi. Salah satunya dengan menaikkan besaran persentase retribusi pasar. 

Kepala Disdagperin Kota Bekasi, Makbullah, mengatakan rencana tersebut akan dilihat berdasarkan potensi pendapatan yang diterima pemerintah selama ini. Meskipun demikian, ia menilai pendapat retribusi tidak cukup signifikan dengan besaran persentase yang diterapkan sebelumnya.

"Berdasarkan perjanjian awal (retribusi) sebesar 10-15%. Angka ini sudah ketinggalan zaman, artinya perlu ada yang ditingkatkan," ujarnya, Rabu (17/10/2018). 

Alasan lain dari rencana menaikkan retribusi tersebut yakni untuk pemenuhan target pendapatan daerah. Sejauh ini pihaknya baru mendapatkan retribusi mencapai 60% dari target 85% untuk tahun 2018. 

"Kalau di target sih sudah sesuai tahapan, tapi sekarang kita lagi genjot supaya target kita sesuai arahan pimpinan bisa mencapai 85%," katanya.

Dia menilai rencana ini tidak akan terlalu memberatkan para pegiat usaha di pasar. Namun dia memastikan akan melakukan penjajakan baik di internal Disdagperin maupun di lapangan. 

"Evaluasi kemarin baru internal kita, nanti setelah internal sevisi, kita undang mereka (pegiat usaha di pasar). Lalu kita (klarifikasi) ke lapangan, tinjau potensi menaikkan retribusi ini seperti apa," pungkasnya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax