Atasi Pencemaran Air, Pemkot Bekasi Bakal Gandeng Jepang Terapkan Biocord
Oleh Ananda M Firdaus, pada Nov 30, 2018 | 20:17 WIB
Atasi Pencemaran Air, Pemkot Bekasi Bakal Gandeng Jepang Terapkan Biocord
Kunjungan Pemerintah Kota Bekasi ke Jepang melihat teknologi pemurnian air dengan metode biocord. (Istimewa)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Pemerintah Kota Bekasi berencana menjadikan kotanya sebagai pilot project pertama di Indonesia dengan menerapkan metode biocord.

Metode biocord merupakan teknologi pemurnian air untuk menjaga kualitasnya dari pencemaran limbah rumah tangga maupun industri.

AYO BACA : Dilanda Kemarau, Warga Bekasi Kesulitan Air

Rencana ini lahir saat Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, bersama Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Arief Maulana berkunjung ke Jepang.

Mereka mendapat undangan dari Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) untuk melihat beberapa proyek penerapan biocord di Jepang (17/11/2018).

AYO BACA : Pencemaran Kali Bekasi Jadi Isu Nasional

JICA memperlihatkan teknologinya agar bisa disebarluaskan di berbagai negara. Khususnya di Kota Bekasi, teknologi ini diharapkan mampu memperbaiki kualitas air lantaran isu pencemaran yang terjadi sejak sekian lama.

"Perusahaan Jepang (JICA) ini terbukti memiliki teknologi di berbagai bidang dan dapat membawa dampak positif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan kesejahteraan sosial," papar Arief di Bekasi, Jumat (30/11/2018).

Terkait undangan tersebut, Arief mengaku pemerintah Bekasi mendapatkan pembiayaan sepenuhnya dari JICA sehingga dapat melakukan survei tanpa kendala. Di dalam kunjungan, bukan cuma pemerintah kota yang dilibatkan, tetapi JICA turut mengundang Kementerian PUPR.

Rencananya, pihak JICA akan berkunjung ke Bekasi pada Desember mendatang menyusul rencana menjadi metode biocord menjadi pilot project di Kota Bekasi.

"Tanggal 4-5 Desember 2018 pihak JICA akan melakukan kunjungan balasan ke Kota Bekasi," tandasnya.

AYO BACA : CCTV Pantau Banjir dan Kualitas Air Sungai di Bekasi

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi