Jokowi Akan Luncurkan Kartu Penyandang Disabilitas di Bekasi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Dec 02, 2018 | 13:55 WIB
Jokowi Akan Luncurkan Kartu Penyandang Disabilitas di Bekasi
(Pixabay.com)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Presiden Joko Widodo direncanakan akan meluncurkan sebuah kartu untuk dipergunakan para penyandang disabilitas. Kartu khusus tersebut dinilai mampu memberi manfaat bagi penyandang disabilitas di tanah air.

"Kartu Penyandang Disabilitas (KPD) segera dilauching secara simbolis oleh presiden,  besok (3/12/2018) di Summarecon Bekasi," kata Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita usai membuka acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 di Bekasi, Minggu (2/12/2018).

AYO BACA : Peringatan Hari Disabilitas Internasional Dipusatkan di Bekasi

Menurut Agus, banyak manfaat dari kartu untuk bagi penyandang disabilitas. Salah satu contohnya para penyandang disabilitas dapat menggunakan fasilitas Bus Trans Jakarta secara cuma-cuma.

"Misalnya, Pemerintah DKI sudah memberikan kebijakan bahwa untuk menaiki Trans Jakarta, penyandang disabilitas itu gratis. Kita tentu memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan tersebut," katanya.

AYO BACA : ODHA Harus Diperhatikan Selain 1 Desember

Selain itu, lewat KPD pemerintah akan mencoba membuka ruang-ruang kerja sama dengan pihak swasta khususnya dalam akses ketersediaan sarana publik bagi disabilitas.

Menurut Agus, peluncuran kartu tersebut selaras dengan tema HDI 2018, yaitu Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas.

Yang terpenting KPD dapat digunakan untuk mendata jenis kelainan yang dialami para penyandang disabilitas. Jumlah penyandang disabilitas di Indonesia pun akan bisa dihitung menggunakan kartu tersebut.

Nantinya, dari data yang telah dimuat dalam KPD memudahkan pemerintah juga untuk mengintegrasikannya dengan program-program yang dibuat.

"Karena kartu ini atas dasar amanah undang-undang dan juga atas permintaan yang sangat  kuat dari persatuan penyandang disabilitas  Indonesia," ujarnya.

AYO BACA : Minim Perhatian, Paslon NF Ingin Buat Perda Disabilitas

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi