Pemkot Bekasi Berencana Bangun Sekolah Khusus Disabilitas
Oleh Ananda M Firdaus, pada Dec 05, 2018 | 06:53 WIB
Pemkot Bekasi Berencana Bangun Sekolah Khusus Disabilitas
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, didampingi sejumlah kepala SKPD mengunjungi lokasi rencana dibangunnya sekolah disabilitas, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (4/12/2018). (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengaku pihaknya berencana membangun sekolah terpadu khusus untuk anak-anak yang mengalami disabilitas. Rencana ini muncul seiring perayaan Hari Disabilitas Internasional 2018 yang diadakan di Bekasi dan dihadiri Presiden Joko Widodo pada Senin (3/12/2018).

"Jika kita bangun sekolah ini merupakan prioritas utama. Ini untuk tumbuh kembang anak penyandang disabilitas, walau tidak menutup keumngkinan kita buat untuk ukuran dewasa juga," jelas wali kota akrab disapa Pepen ini, Selasa (4/12).

Adapun bangunan yang rencana dibuat menjadi sekolah disabilitas ada di komplek SD Margajaya, Jalan Pramuka, Margajaya, Bekasi Selatan. Pepen melakukan cek lapangan guna melihat potensi dapat dibangunnya sekolah berikut fasilitas khusus untuk penunjangnya.

Menurut Pepen, sehubungan dengan rencana pemerintah kota hendak melakukan merger sekolah di tingkatan SD, maka sekolah disabilitas dimungkinkan dibangun dengan memakai lahan yang sedianya sudah ada.

"SD Margajaya III kita merger dari beberapa SD Margajaya. Dan ini eks SD Margajaya I, IV dan V kita jadikan SMP yang terdapat 24 RKB (ruang kelas baru), dan sebelahnya akan dibuat sekolah disabilitas kurang lebih ada 6 RKB," katanya.

Menurutnya, sekolah khusus disabilitas akan diperuntukan untuk anak di usia sekolah SD dan SMP. Luas lahan rencana dibangun sebesar 38x31 meter dengan rencana alokasi anggaran mencapai Rp2-3 miliar. Anggaran itu termasuk alokasi untuk fasilitas khusus bagi disabilitas.

"Karena ini sekolah khusus maka fasilitasnya juga harus khusus seperti pembuatan tangga ataupun kloset WC, karena ini memang diperuntukkan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus," ujarnya.

Dengan adanya sekolah yang diperuntukan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus ini, maka diharapkan semua anak-anak di Kota Bekasi mendapatkan hak yang sama dalam bidang pendidikan.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi