Musim Hujan Rawan Penyakit, Warga Diimbau Perhatikan Lingkungan
Oleh Ananda M Firdaus, pada Dec 05, 2018 | 20:09 WIB
Musim Hujan Rawan Penyakit, Warga Diimbau Perhatikan Lingkungan
(Attia/Ayobandung.com)

CIKARANG PUSAT, AYOEBKASI.NET--Musim hujan menjadi awal timbulnya berbagai penyakit. Karena itu, masyarakat diimbau agar memperhatikan lingkungan, terlebih kondisi kesehatan tubuhnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Irfan Maulana mengungkapkan, penyakit langganan musim penghujan antara lain demam berdarah, panas dalam, diare, batuk, flu.

Penyakit-penyakit yang paling banyak mewabah dikarenakan kondisi kesehatan lingkungan dibiarkan.

AYO BACA : Dinkes: Target Vaksinasi Difteri Capai 75%

"Paling banyak timbul penyakit adalah kaitannya dengan kesehatan lingkungan," kata Irfan di kantornya, Cikarang Pusat, Rabu (5/12/2018).

Akibat kesehatan lingkungan dibiarkan, pihaknya pernah menemukan kasus yakni pada jajanan. Pihaknya menemukan dua kasus keracunan pada sejumlah orang di satu kecamatan lantaran jajanan tersebut diindikasikan tidak diproses dengan layak di tempat yang bersih.

"Itu kaitannya dengan cara dia memasak, cara penyajiannya, atau makanan bahan mentahnya dan matengnya itu ditaruh bersebelahan, itu berdampak juga," katanya.

AYO BACA : Masuk Kategori KLB, Dinkes Kota Bekasi Antisipasi Difteri Lewat Vaksinasi

Selain itu, perilaku buruk walaupun sederhana misalnya membuang ludah sembarangan disaat musim penghujan dapat saja berbahaya bagi kesehatan.

"Misalnya sekarang di perumahan padet. Ada orang meludah sembarangan di genangan air, dan itu tidak dibersihkan. Itu tentu berpengaruh juga pada lingkungan," katanya.

Dia pun mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan tubuh maupun lingkungannya. Hal itu antara lain dengan membuang genangan air yang ditakutkan menjadi sarang penyakit, misalnya jentik nyamuk demam berdarah.

Selain itu, masyarakat diimbau melakukan pembersihan saluran air dari sampah untuk memperlancar sirkulasi aliran hujan.

"Dan pastikan juga bahwa lingkungan sekitar rumah sudah bersih dalam arti terjaga," pungkasnya.

AYO BACA : Dinkes Kota Bekasi Ajak Warga Bekasi Lakukan Vaksinasi Difteri

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi