20 Tahun Tenggelam, Hubungan Industrial Pancasila Kembali Digaungkan di Bekasi
Oleh Ananda M Firdaus, pada Dec 05, 2018 | 22:32 WIB
20 Tahun Tenggelam, Hubungan Industrial Pancasila Kembali Digaungkan di Bekasi
Pencanangan hubungan industrial Pancasila bagi pelaku industri di Kabupaten Bekasi, Cikarang Selatan, Rabu (5/12/2018). (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

CIKARANG SELATAN, AYOBEKASI.NET--Sudah 20 tahun lewat sejak hubungan industri Pancasila sebagai pola hubungan antara para pelaku usaha dalam proses produksi barang dan jasa tidak dipergunakan lagi lantaran dinilai tidak berjalan optimal.

Akan tetapi, para pekerja, pengusaha dan pemerintah di Kabupaten Bekasi menghidupkan kembali pola hubungan industri tersebut di era industri generasi keempat atau 4.0.

Ketua Apindo Kabupaten Bekasi, Sutomo menjelaskan, pencanangan hubungan industrial berbasis Pancasila sangat perlu dilakukan. Bukan saja karena memiliki nilai keadilan, namun dapat mengantisipasi konflik hubungan industrial khususnya antara atasan dan para pekerja.

AYO BACA : Era Revolusi Industri 4.0 Jadi Ancaman Pekerja Indonesia

"Ini kami lakukan bersama karena sudah lama hubungan industrial Pancasila tidak berjalan sehingga kami tergerak dimulai dari Kabupaten Bekasi dengan kawasan industri terbesarnya,"  ujar Sutomo di Cikarang Selatan, Rabu (5/12/2018).

Selain itu, hubungan industrial Pancasila merupakan produk yang dihasilkan oleh kearifan lokal sehingga ini mampu meredam gejolak industri yang biasa terjadi, khususnya di era reformasi.

"Tentunya akan menjadi budaya bangsa kita dalam menghidupkan hubungan industrial. Ketika ada permasalahan semua dikembalikan pada sebuah dasar kepribadian bangsa, seperti bermufakat, bermusyawarah, saling memahami, dan menghargai, sehingga tidak perlu lagi cara-cara seperti adanya kekerasan," katanya.

AYO BACA : UMK Kabupaten Bekasi Diajukin Rp4,1 Juta

Dalam kesempatan yang sama, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Abdurahman Wahid, Bomer Pasaribu menjelaskan, penerapan hubungan industrial Pancasila sangat cocok diterapkan kembali di era industri 4.0.

Dia mencontohkan pola hubungan industri tersebut berhasil terterap seperti dilakukan di Jerman dan Skandinavia yang notabene merupakan negara maju.

Dia menambahkan, disaat negara tengah menghadapi revolusi industri 4.0, hubungan industrial Pancasila akan sangat efektif menghadapi masalah kesenjangan yang jauh antara pekerja dan pengusaha.

Lebih jauh, dia berharap, hubungan industrial Pancasila yang akan diterapkan di Bekasi menjadi role model bagi daerah-daerah lainnya.

"Saya berharap Bekasi bisa menjadi role model dan menjelma menjadi pilot project untuk dipelajari oleh seluruh pelaku industri di berbagai daerah di Indonesia," tandasnya.

AYO BACA : 9 Tuntutan Kaum Buruh dalam Peringatan May Day 2018

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi