Kota Bekasi Dinobatkan Jadi Kota Toleran
Oleh Ananda M Firdaus, pada Dec 07, 2018 | 18:52 WIB
Kota Bekasi Dinobatkan Jadi Kota Toleran
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menerima penghargaan Kota Bekasi sebagai kota toleran dari Setara Institute, Jakarta, Jumat (7/12/2018). (Istimewa)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET--Setara Institute menobatkan Kota Bekasi menjadi kota toleran di tanah air. Kota berjuluk Kota Patriot ini mendapat skor tertinggi urutan enam dalam Indeks Kota Toleran (IKT) 2018 dengan skor 5.890 bersadasarkan penelitian Setara Insitute.

Setara Institute meneliti persoalan toleransi dengan 94 objek studi kota di Indonesia. Dalam penelitiannya, Kota Bekasi masuk dalam kategori kota dengan masyarakatnya yang heterogen namun saling menghargai.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengaku bahagia dan sangat bersyukur karena ini merupakan raihan kesekian kalinya setelah dia menahkodai roda pemerintahan.

"Ini menjadi bukti nyata hadirnya pemerintah ditengah masyarakat sebagai pengayom dan perekat. Seorang pemimpin harus bisa memberikan sebuah harapan dan kepastian, terpenting mari kita pertahankan prestasi ini," ujarnya usai menerima langsung di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Dia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan semua pihak, terutama warga Kota Bekasi karena bisa hidup berdampingan dengan rukun serta damai, baik itu dari sisi budaya maupun toleransi  antarumat beragama.

"Tentunya terima kasih atas kerja sama seluruh pihak, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh warga Kota Bekasi yang telah mempertahankan keharmonisan di Kota Bekasi,” katanya.

Untuk diketahui, dari 2,7 juta penduduknya, wilayah Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta ini memiliki keragaman suku bangsa maupun agama.

Untuk suku bangsa antara lain dihuni oleh masyarakat Betawi, Sunda, Jawa, Minangkabau, Tionghoa, dan lainnya. Sementara agama antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, hingga Kong Hucu.

Selain Kota Bekasi, terdapat kota-kota baru yang masuk jajaran 10 besar kota toleran, yakni Kota Ambon, Kupang, Tomohon, dan Surabaya. Hal ini merupakan fenomena baru dalam IKT 2018, artinya 50% peringkat 10 teratas adalah wajah baru bentuk keharmonisan di Indonesia. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi